Delete this element to display blogger navbar

Mice Cartoon Sindir Pemotor ABG (ngakak gan)


Spoiler for ngakak:

KRITIK sosial muncul lewat kartun. Kali ini yang disindir adalah pemotor anak baru gede (ABG). Mudah ditebak, profil berkendara yang sarat risiko kecelakaan lalu lintas jalan.
Saya menemui kritik itu di halaman 30, harian Kompas, edisi Minggu (18/3/2012). Dalam rubrik 'Mice Cartoon' disentil cara berkendara para ABG.
Kartun yang diberi judul 'ABG Baru Bisa Naik Motor' menelanjangi perilaku seruntulan. Bagaimana tidak. Coba tengok. Pemotor dan penumpangnya alias bonceger, sama-sama tidak memakai helm. Lalu, satu motor berisi tiga orang. Dan, ini yang repot, mereka digambarkan ngebut saat bersepeda motor.
Lazimnya sebuah kartun, parodi pun bermunculan disana-sini. Sindiran terhadap pemotor yang pasang tampang bangga sudah bisa naik motor. Atau, penumpang yang sibuk berponsel ria.

http://kkcdn-static.kaskus.us/images/4108319_20120306112833.jpg
Sepengetahuan saya, kartun merefleksikan kondisi masyarakat sekitarnya. Itu diakui Mice Cartoon yang menyebutkan, fenomena dalam kartun itu, sering terlihat dan seliweran di pemukiman padat Jakarta. Bagi saya, inilah potret buram Jakarta.
Kita kan tahu, bersepeda motor wajib memakai helm. Bukan semata pengendaranya, para boncengernya juga wajib. Bahkan, ada sanksi bagi para pelanggarnya. Denda maksimal Rp 250 ribu atau penjara maksimal satu bulan.
Begitu juga soal berboncengan. Sepeda motor maksimal hanya diisi dua orang. Buat yang melanggar, bisa kena sanksi yang sama seperti aturan helm.
Belum lagi, jika ABG yang dimaksud adalah di bawah usia 17 tahun, pastilah mereka belum memiliki surat izin mengemudi (SIM). Soal yang satu ini super serius. Bayangin aja, sanksinya denda maksimal Rp 1 juta atau penjara maksimal satu tahun.
Akh, ini kan cuma kartun. Tapi, kalau sang kartunis mau lebih tajam mengritik, bisa saja dengan menyebut fenomena ABG bersepeda motor sebagai pembiaran para orang tua bagi keselamatan sang anak.
Ngomong-ngomong, dalam Mice Cartoon kali ini, sepeda motor yang dipakai mirip besutan Honda yah? Ada tulisan mirip 'Scoopy' di bagian depan motor. (edo rusyanto)


Bonus

http://2.bp.blogspot.com/-FM0tK6kBJbc/Tyu3nGuhwnI/AAAAAAAAAJA/emKVfQ7StcM/s1600/motor+roda+satu.jpg




sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=13653430

share on facebook

 
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More
Design by Kumpul Berita