Delete this element to display blogger navbar

Tips Biar Mata Tidak Minus Meski Sering Ngenet

Berlama-lama didepan layar Laptop/PC untuk orang yang doyan ngenet (main internet), bisa membuat mata minus (kabur bila melihat jauh). Setiap berhadapan atau berada didepan layar monitor, organ yang bekerja keras adalah mata, apalagi dalam waktu yang lama, mata akan semakin bekerja keras.

Mata kita melihat dengan normal apabila jarak antara layar dan mata juga normal yaitu lima kali dari diagonal layar. Contohnya apabila layar besarnya 14 inci, maka jarak yang normal adalah 70 inci atau 1,7 meter.

Apabila jarak pandang terlalu dekat, maka mata akan melakukan proses akomodasi ( mencembung daripada normal ) dan bila dalam jangka waktu yang lama akan terjadi perubahaan struktur pada mata.

Perubahaan ini akan mengakibatkan bayangan benda yang masuk ke mata tidak jatuh pada titik yang normal (bintik kuning) seperti pada orang normal. Ini yang disebut Myopi atau Minus yang sering dikatakan orang. Biasanya diperlukan bantuan kacamata yang berlensa cekung agar bayangan jatuh tepat dibintik kuning tadi. Selain kacamata sekarang bisa juga dengan bantuan memakai lensa kontak atau bisa juga diatasi dengan pengobatam sinar laser. Gangguan ini ( minus) semakin cepat terjadi pada anak yang memiliki orangtua berkacamata minus.

Untuk itu, usahakan waktu didepan layar monitor tidak lebih dari satu jam. Berhenti dulu sebentar lalu lanjutkan dengan berdiri atau bisa juga ke ruangan lain untuk sekedar minum. Manfaatkan waktu dengan membuat mata rileks dengan melihat benda-benda yang berada di kejauhan sambil mengedip-ngedipkan mata agar air mata keluar membasahi mata.[sf/sa]

source

share on facebook

 
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More
Design by Kumpul Berita