Delete this element to display blogger navbar

Layaknya Manusia, Sapi Bisa Stres & Kesepian

sapi stres
layaknya manusia, sapi juga bisa memiliki teman dekat dan menjadi tertekan jika dipisah dengan temannya. Hasil temuan ilmuwan ini bisa dimanfaatkan para peternak..

Ilmuwan Krista McLennan dari Northhampton University yakin, hasil temuan ini bisa sangat berguna bagi para peternak. Wanita berusia 27 ini mengukur detak jantung dan tingkat kortisol sapi guna mengetahui cara sapi bereaksi ketika diisolasi.
Hewan ternak ini dikurung bersama teman dekatnya atau sapi asing selama 30 menit, kemudian detak jantungnya diukur di interval 15 detik. Hasil riset menunjukkan, sapi merupakan hewan yang sangat sosial dan seringkali membentuk hubungan dekat dengan temannya di kawanannya.
“Saat sapi betina bersama pasangan yang ia sukai, tingkat stres dalam hal detak jantung sangat berkurang dibanding saat sapi bersama sapi asing,” papar McLennan.
Hasil temuan ini bisa sangat bermanfaat bagi para peternak, termasuk meningkatkan produksi susu dan mengurangi stres pada binatang yang sangat penting bagi kesejahteraan.
Menurut ilmuwan ini, menyusun ulang kelompok sapi bisa meningkatkan stres karena hewan ini harus berupaya menyesuaikan diri lagi dengan kelompok baru. "Untuk industri susu perah, sebaiknya sapi ditempatkan dengan teman dekatnya," katanya.
Kepala NFU Trevor Foss mengatakan, "Sapi seperti manusia. Mereka senang berada dekat temannya."
Peternak Charles Reader di Evenly mengatakan seperti dilaporkan dailymail, semua hewan ternak akan merasa stres saat dipisahkan dari kelompoknya. [mor]


source

share on facebook

 
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More
Design by Kumpul Berita