Delete this element to display blogger navbar

Bermusik Dapat Memperlambat Efek Penuaan

Alat musik berperan menurunkan efek penuaan terutama terkait pendengaran. Sebuah studi di Amerika Serikat mengungkap, mereka yang akrab dengan alat musik sepanjang hidupnya memiliki kemampuan pendengaran dan memori lebih baik dibandingkan mereka yang tak pernah menyentuh musik.

"Berlatih musik seumur hidup dapat memperpanjang usia, meningkatkan memori, dan meningkatkan kemampuan mendengar pidato dalam kebisingan,” kata Nina Kraus, penulis studi yang menjabat sebagai Direktur Auditory Neuroscience Laboratory di Northwestern University, Amerika Serikat, seperti dikutip Daily Mail.

Dalam studinya, peneliti melibatkan 18 orang musisi dan 19 non-musisi usia 45 hingga 65 tahun. Mereka meminta responden mendengarkan pidato dalam suasana bising. Mereka juga melakukan serangkaian tes seperti uji memori visual, kemampuan merekam suara, dan kemampuan mendengar.

Para musisi belajar memainkan alat musik sejak usia dini atau di bawah sembilan tahun dan masih aktif hingga kini, berhasil mengalahkan kelompok non-musisi dalam semua tes. Tetapi, dalam uji kemampuan kerja memori visual, kedua kelompok menunjukkan kemampuan hampir identik.

Dokter Kraus mengatakan, pengalaman mengekstraksi suara dari beraneka ragam alat musik dan mengingat urutan suara meningkatkan pengembangan keterampilan pendengaran. "Bermain musik melibatkan kemampuan mereka untuk mengambil pola yang relevan, termasuk suara mereka sendiri, instrumen, harmoni, dan ritme."

Dr Kraus mengatakan, berlatih musik bisa meningkatkan sistem saraf memori dan pendengaran. "Pengalaman bermusik bisa memerangi masalah komunikasi yang berkaitan dengan usia," katanya seraya menambahkan bahwa studi ini diterbitkan dalam jurnal ilmiah PLoS One edisi terbaru.

Memperkuat temuan itu, studi lain mengungkap bahwa memberikan anak kursus musik bisa menjadi suatu pelatihan untuk meningkatkan konsentrasi belajarnya di sekolah. Belajar musik juga dapat mengurangi beberapa efek negatif penuaan.

share on facebook

 
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More
Design by Kumpul Berita