Delete this element to display blogger navbar

Tips unik buat cegah dan ngatasi Rambut ubanan

Jakarta - Tanda penuaan alami dapat terlihat dari munculnya uban. Namun apabila rambut putih itu muncul sebelum waktunya, bisa memunculkan sifat tidak percaya diri dan mengganggu penampilan Anda.

Untuk itu sebaiknya Anda mempelajari sejumlah faktor yang menyebabkan timbulnya uban sebelum waktunya.

1. Kebiasaan merokok

Racun-racun yang ada di dalam rokok menyebabkan tubuh mengalami penuaan dini. Rambut juga ikut memutih karenanya. Jadi bagi Anda perokok aktif, berhentilah bila tidak ingin rambut Anda cepat menjadi uban.

2. Stres

Saat mengalami stres, secara otomatis metabolisme tubuh akan terganggu secara keseluruhan. Ketidakseimbangan dalam tubuh juga membuat efek beragam. Termasuk timbulnya uban. Maka sebisa mungkin hindari stres. Tenangkan diri Anda setiap ada tekanan berat.

3. Jaga pola makan

Uban juga disebabkan karena jaringan protein yang rusak dalam tubuh, karena pola makan yang salah atau tidak teratur. Untuk itu, perhatikan benar asupan nutrisi yang masuk ke tubuh Anda.

4. Pemakaian zat kimia berlebihan di rambut

Tak hanya pola makan dan gangguan metabolisme yang dapat merusak jaringan protein di rambut, pemakaian produk kimia di rambut seperti cat dan obat keriting juga bisa membuat jaringan rambut rusak.

Hasilnya, uban pun muncul karena perilaku tersebut. Sebaiknya hindari pemakaian bahan kimia berlebihan, dan gunakan shampo secara teratur.

Jika uban telah terlanjur muncul, jangan lantas cepat putus asa. Munculnya uban adalah karena produksi pigmen rambut yang bernama melanocytes telah berkurang. Untuk itu beberapa bahan makanan bisa membuat produksi pigmen tersebut bertambah, sehingga uban Anda akan berkurang dan tidak muncul kembali.

Bahan-bahan mengandung zat besi adalah yang paling utama. Zat besi adalah nutrisi yang merangsang produksi melanocytes. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi sayuran hijau dan daging merah yang cukup untuk mendapatkan jumlah zat besi yang sesuai.

Jika pola makan Anda sudah benar namun uban tetap muncul, mungkin liburan sebagai jalan keluarnya. Keluarlah dari rutinitas sehari-hari yang membuat Anda stres. Liburan akan membuat Anda lebih rileks, sehingga metabolisme tubuh kembali berjalan normal. Semoga berhasil! [mor]

share on facebook

 
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More
Design by Kumpul Berita