Delete this element to display blogger navbar

Jalan Panjang Demi Sekeping Emas SEA Games

Badan Tim Nasional (BTN) PSSI telah memanggil 20 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan ke SEA Games 2011 yang akan digelar di Palembang. Mulai 25 April 2011, pelatih Alfred Riedl akan coba mewujudkan target meraih medali emas.

Padahal, persiapan Timnas SEA Games sebenarnya sudah dimulai sejak awal Januari 2011. Pada 7-17 Januari 2011, para pemain terbaik Tanah Air di bawah usia 23 tahun (U-23) menjalani seleksi selama tiga sesi di Jakarta. Tapi, saat itu fokus BTN menyiapkan tim untuk laga Pra Kualifikasi Olimpiade 2012 melawan Turkmenistan. Setelah tersingkir dengan agregat 1-4 (1-3 di Palembang, 23 Februari, dan 0-1 di Ashgabat, 9 Maret), timnas Indonesia U-23 kini fokus mengejar SEA Games 2011.

"Timnas ditargetkan meraih medali emas SEA Games. Semoga saja itu bisa tercapai, karena persiapan kini relatif lebih panjang dan matang," kata Deputi Bidang Teknik BTN, Iman Arif dalam jumpa pers di Jakarta, Senin 14 Maret
2011.

Komposisi pemain timnas SEA Games untuk sementara yakni 3 kiper, 7 pemain belakang (bek), 7 pemain tengah (gelandang) dan 3 striker. Kemungkinan masih akan ada tambahan 5-6 pemain lagi, termasuk dua pemain naturalisasi keturunan Belanda, Joey Suk dan Stefano Lilipaly.
Ke-20 pemain ini diharapkan sudah masuk TC pada 25 April 2011 di Jakarta. Dua pekan menjalani TC di Jakarta, Timnas Merah Putih muda ini akan melanjutkan TC ke Austria mulai 7 Mei 2011.

"Kami akan menjalani ujicoba 7-8 kali melawan tim-tim lokal Austria. Tapi, latihan timnas lebih penting," ujar Riedl.

Sekitar empat pekan di Austria, Timnas akan kembali ke Jakarta pada 10 Juni 2011. Para pemain langsung diliburkan dan kembali ke klub masing-masing.

Yongki Aribowo cs kembali masuk TC pada 17 Juni 2011. TC ini digelar karena timnas Indonesia akan tampil di ajang Piala AFF U-23 di Palembang.

Tentu, ini menjadi ujicoba sangat berarti bagi Timnas sekaligus mengintip kekuatan calon lawan di ajang pesta olahragha Asia Tenggara itu. Timnas akan menghadapi ajang sesungguhnya yakni di SEA Games 2011 yang akan digelar di Palembang, 11-22 November.

Total, Timnas SEA Games akan melakoni persiapan lebih dari 6 bulan. Persiapan panjang itu diharapkan mampu memberikan medali emas SEA Games dari cabang sepakbola yang kali terakhir diraih Indonesia pada SEA Games 1997.
Tapi, demi target juara umum kontingen Indonesia, maka emas sepakbola SEA Games harus diraih. Karena ada ungkapan, "gelar juara umum SEA Games tak lengkap tanpa emas sepakbola."
AGENDA TIMNAS SEA GAMES
14 Maret:
pemanggilan 20 pemain
25 April: 20 pemain masuk TC di Jakarta. TC hari pertama berupa cek kondisi kesehatan dan cedera
7 Mei: TC ke Austria
10 Juni: Timnas pulang ke Jakarta dan pemain langsung libur, kembali ke klub masing-masing
17 Juni: pemain kembali masuk TC
4-23 Juli: Timnas SEA Games tampil di Piala AFF U-23 di Palembang
11-22 November: SEA Games di Palembang

share on facebook

 
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More
Design by Kumpul Berita