Delete this element to display blogger navbar

Hindari Racun Kehidupan di Sekitar Anda

Hidup selalu dihiasi sisi positif dan sisi negatif. Terkadang, Anda harus menempuh banyak cara untuk selalu berada di jalur yang positif. Namun, bukannya tidak mungkin ada banyak nilai negatif yang dibawa oleh orang-orang terdekat Anda.

Seiring waktu berjalan, nilai-nilai negatif tersebut dapat meracuni kehidupan Anda. Hal inilah yang harus Anda waspadai. Berikut adalah tipe-tipe orang yang dapat meracuni Anda, seperti dilansir laman Glamour:

1. Orang di masa lalu
Tidak semua orang dapat mengambil sisi positif dari permasalahan masa lalu. Banyak di antaranya justru menanam amarah, benci, dan kesedihan dengan selalu mengingat-ingat masalahnya. Mereka agaknya tak sadar itu justru akan memberi dampak negatif dalam kehidupan.

Jika Anda termasuk orang yang tidak dapat melupakan dendam di masa lalu, cobalah berhenti mengingat, atau mencari tahu kisah orang tersebut. Cari kesibukan yang dapat mengalihkan pikiran dari masa lalu. Jangan ragu menghindar jika teman mulai membahas tentang orang-orang di masa lalu.

2. Orang yang selalu mengasihani diri sendiri
Tidak ada yang paling menjengkelkan selain menghadapi orang yang menganggap semua beban yang ada di dunia ini ada di pundaknya. Mereka lebih memilih untuk mengasihani diri sendiri dibandingkan mencari solusi atas permasalahan mereka. Ini karena mereka tidak melihat cara lain selain menyalahkan diri sendiri.

Yang harus Anda lakukan untuk menghadapi orang-orang seperti ini adalah dengan menawarkan bantuan. Namun, jika mereka tidak juga berubah, ada baiknya sedikit menjauh dari mereka karena masukan apapun akan percuma bagi mereka, dan hal tersebut hanya akan membuat Anda
kesal.

3. Orang yang munafik
Tidak dapat dipungkiri, di dunia ini dapat dengan mudah ditemukan orang-orang yang melakukan tindakan tidak sesuai dengan perkataan. Beberapa teman dapat dengan mudah bersikap baik dan ramah di depan Anda, namun berbuat jahat di belakang Anda.

Anda harus peka terhadap orang-orang yang ada di sekitar Anda. Jika ada teman yang bertingkah laku sepeti hal di atas terhadap teman Anda yang lain, maka dia pun dapat melakukan hal yang sama terhadap Anda.

4. Orang yang selalu mengeluh
Orang yang selalu mengeluh adalah orang yang selalu melihat sisi negatif dari kehidupan mereka. Anda tentu harus membantu teman Anda  untuk melihat sisi positif dari sebuah kejadian. Jika teman Anda tidak berubah, jangan biarkan pemikiran negatifnya memengaruhi Anda.

5. Orang yang suka fitnah
Mereka suka menjatuhkan orang lain demi terlihat lebih menarik. Walau Anda menganggap teman, mereka tak peduli melontarkan kritik dan penilaian-penilaian salah. Mereka pun terkadang menyalahkan Anda atas yang terjadi di kehidupan mereka.

Mereka umumnya melakukan hal tersebut karena mereka merasa tidak aman terhadap hidupnya. Sabarlah. Namun jika kesabaran Anda tidak merubah mereka, waktunya untuk Anda meninggalkan mereka.

6. Orang yang suka memublikasi masalah
Ada sebagian orang yang suka memberi tahu dunia mengenai skandal dan pertengkaran yang mereka lakukan. Tidak tanggung-tanggung mereka melibatkan banyak orang dalam debat menakutkan.

Walaupun hanya mendengar cerita mereka, hal tersebut dapat berpengaruh buruk terhadap Anda. Satu-satunya cara agar Anda dapat terhindar dari dampak negatif mereka adalah dengan menghindar dari mereka.

7. Terlalu banyak menganalisa
Mereka adalah orang yang frustasi terhadap kehidupan mereka dan ingin mencurahkannya pada orang-orang di sekitar mereka. Namun, mereka akan berakhir pada kesimpulan yang irasional. Jika teman Anda terlalu banyak menganalisa apa yang ada di kehidupan Anda, katakan pada mereka bahwa hal tersebut mengganggu Anda.

8. Terlalu banyak ikut campur
Mereka terlalu sibuk mengurusi permasalahan orang lain dibandingkan permasalahannya sendiri. Bahkan mereka sering membuat perselisihan menjadi semakin buruk. Jika ada di antara teman Anda yang memiliki sifat seperti ini, maka Anda harus berhati-hati dalam berbicara dan
bersikap di depan mereka.

share on facebook

 
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More
Design by Kumpul Berita