Delete this element to display blogger navbar

BAHAYA SENDAWA! Terlalu sering bersendawa berbahaya ternyata

Jangan Sering Sendawa – Berbahaya

Bersendawa sehabis makan adalah hal yang biasa. Tapi jika sering-sering bersendawa ternyata dapat menyebabkan ngilu pada gigi dan juga memicu penyebab gigi sensitif.

Hal tersebut disampaikan oleh Prof Trimurni Abidin, drg. Sp.KG(K), M.Kes, ahli kesehatan gigi dari FKG Universitas Sumatera Utara, pada acara konferensi pers yang diadakan Pepsodent di Jakarta, Kamis (18/3/2010).

Sendawa adalah pelepasan gas dari saluran pencernaan (terutama kerongkongan, lambung dan usus) melalui mulut (eructation). Distensi perut lambung menyebabkan ketidaknyamanan, bersendawa dan mengusir udara mengurangi ketidaknyamanan.

Seperti dilansir dari medicinenet, sendawa biasanya disebabkan karena menelan udara dalam jumlah besar (aerophagia) pada saat makan atau minum. Menelan makanan atau minum terlalu cepat dan kecemasan juga menyebabkan sendawa. Orang seringkali tidak menyadari bahwa mereka menelan udara.

Gas yang dikeluarkan saat bersendawa biasanya campuran gas nitrogen dan oksigen. Sendawa juga dapat disebabkan oleh minum minuman berkarbonasi seperti bir, minuman ringan atau sampanye, dalam hal ini gas yang dikeluarkan adalah karbon dioksida dari minuman itu sendiri.

Bagi beberapa orang, bersendawa menjadi kebiasaan dan tidak mencerminkan jumlah udara dalam perut mereka. Mereka menganggap bersendawa adalah jawaban untuk semua jenis ketidaknyamanan perut dan bukan hanya atas ketidaknyamanan yang terjadi karena meningkatnya gas.

Namun, nampaknya mereka harus berhati-hati, karena sering bersendawa dan menyimpan gas sendawa lama dalam mulut dapat menyebabkan ngilu pada gigi. Ngilu pada gigi ini bisa jadi indikasi terjadinya gigi sensitif.

Hal ini disebabkan karena gas yang dikeluarkan pada saat bersendawa bisa berasal dari usus atau lambung. Gas yang dikeluarkan biasanya bersifat asam. Nah, sifat asam inilah yang dapat menjadi pemicu terjadinya gigi ngilu.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya banyaklah minum air putih untuk dapat menetralkan asam yang berkumpul dalam mulut, yang menyebabkan terjadi gigi ngilu atau bahkan menyebabkan gigi sensitif bila sering sendawa dalam jangka waktu yang lama

share on facebook

 
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More
Design by Kumpul Berita