Delete this element to display blogger navbar

8 tips melamar kerja via email

Di Era modern seperti ini, sudah banyak perusahaan yang memberikan kesempatan bagi jobseeker (pencari kerja) untuk dapat mengirimkan lowongan kerjanya dengan cara yang lebih mudah dan murah, yakni melalui email.

Namun dari sudut pandang HRD, banyak sekali kesalahan-kesalahan yang dibuat oleh Jobseeker yang pada akhirnya berujung pada kegagalan.

Berdasarkan hasil survey kami selaku HRD Consultant, 90% Lamaran gagal pada tahapan ini. Berikut ini sedikit TIPS dari kami agar lamaran anda tidak gagal.

TIPS 1
Jangan sekali-kali ingin bersikap instan. Kesalahan terbanyak yang dilakukan oleh Jobseeker adalah karena ingin INSTAN, yakni jobseeker memasukkan lebih dari satu tujuan email untuk satu kali pengiriman saja, misal :

TO: hrd@pt1.com; hrd@cv2.com; lamar@contoh.com

jika selama ini anda mengirimkan lamaran kerja seperti itu, maka dapat dipastikan saat itu juga lamaran anda akan di DELETE oleh pihak HRD. Seringkali Jobseeker lupa bahwa proses melamar kerja adalah sebuah proses yang resmi sehingga sangat tepat jika anda memisahkan pengiriman untuk setiap alamat tujuan.

TIPS 2
Jangan pernah lupa mengisi SUBJECT pada email dengan POSISI yang anda lamar. Perusahaan setiap harinya menerima lebih dari 1 email, bahkan ratusan, sehingga ketika mereka menerima email tanpa subject yang jelas, secara otomatis akan di DELETE.

TIPS 3
Gunakan Bahasa yang Tepat. Jika informasi lamaran anda baca dalam bahasa Inggris, maka kirimkan lamaran dalam bahasa Inggris, jika dalam bahasa Indonesia maka kirimkan dalam bahasa Indonesia.

TIPS 4
Jika anda tahu kepada siapa email tersebut anda kirimkan, maka sebutkanlah di awal kalimat :

Kepada Yth. Bapak Jiwo, atau
Kepada Yth. Ibu Susi, atau
Dear Mr. Jonathan

Namun jika anda tidak tahu kepada siapa email tersebut di tujukan, maka gunakan kalimat dibawah ini:

Kepada Yth. Manajer HRD, atau
Kepada Yth. Kepala Personalia, atau
To Director of Human Resources Department

Seringkali kami temui, email lamaran yang tidak menggunakan pola bahasa yang tepat bahkan beberapa tidak pantas. sekali lagi ingat email lamaran adalah termasuk dalam surat-menyurat RESMI dan bukan email GAUL.

TIPS 5
NO ATTACHMENT (kecuali diminta)
Dengan mengirimkan Attachment, anda dapat membebani kapasitas email perusahaan. Ingat email yang diterima mereka bukan hanya email anda. PErusahaan menerima ratusan email setiap harinya sehingga jangan bebani email mereka dengan attachment anda.

Berikan dokumen attachment pada saat interview.

TIPS 6
HANYA KIRIMKAN RESUME dan CV
Resume adalah ringkasan yang menjelaskan siapa diri anda, terdiri dari 3 hingga 5 paragrap dan harus dapat menjelaskan apa dan siapa diri anda. Dibawah resume, dapat anda masukkan CV anda.

Sekali lagi jangan dibuat sebagai ATTACHMENT. semua harus diketik di halaman muka.

TIPS 7
Cantumkan Nama Jelas, No Telepon yang dapat dihubungi... banyak sekali jobseeker yang lupa meletakkan nama jelas dan nomor telepon pada halaman muka (karena beasumsi sudah ada di attachment).

TIPS 8
Biasakan menggunakan referensi pada saat melamar kerja. HRD sangat suka jika anda memberikan referensi yang dapat mereka gunakan untuk menanyakan perihal diri anda. Referensi bisa siapa saja, dosen anda, teman, namun lebih baik jika itu adalah bekas atasan anda.

Demikianlah sedikit TIPS dari kami....

Salam Sukses

share on facebook

 
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More
Design by Kumpul Berita